Minggu, 16 Januari 2011

Khasiat Pohon Turi

Pohon Turi merupakan pohon kecil yang diduga berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara . Namun sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis di dunia . Turi biasanya dimanfaatkan sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Daun dan bunganya dapat di jadikan sayur. Bunganya bahkan kerap digunakan dalam pecel.

Sebagai makanan turi banyak digemari .Tetapi turi bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti :

1. Sariawan

-Pilih kulit batang turi yang segar secukupnya , lalu diremas-remas dalam air , saring dan airnya digunakan untuk berkumur . Lakukan tiga kali sehari.

-Ambil kulit batang sebesar ibu jari kemudian di rebus .Airnya diminum.

2. Radang Tenggorokan

Ambil segenggam daun turi merah , kemudian rebus dengan air bersih secukupnya . Saring setelah dingin dan airnya dipakai untuk berkumur .Lakukan empat kali sehari.

3. Disentri

Kulit batang sebesar ibu jari dari pohon turi yang bunganya merah direbus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas .Setelah dingin disaring , lalu diminum . Lakukan dua kali sehari.

4. Keputihan

Pilih segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari . Kemudian cuci hingga bersih lalu digiling halus .Tambahkan tiga perempat cangkir air minum , diaduk merata lalu diperas dan disaring .Air hasil saringan diminum dua kali sehari.

5. Batuk

Ambil daun turi merah dan daun inggu masing-masing satu genggam .Setelah dicuci bersih kemudian ditumbuk halus .Tambahkan air perasan jeruk pecel.Aduk hingga rata , lalu diperas dan disaring .Air perasan diminum.

6. Batuk Berdahak

Akar turi sebesar jari telunjuk dicuci bersih kemudian ditumbuk halus.Tambahkan air perasan jeruk pecel .Aduk hingga rata , lalu diperas dan disaring .Air perasan diminum.

7. Penambah ASI

-Daun turi yang masih muda dikukus , dimakan sebagai lalap matang.
-Bunga dari turi putih dimasak dan dimakan.

8. Pegal Linu

Ambil akar dari pohon turi berbunga merah secukupnya .Kemudian giling halus dan tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur.Adonan itu kemudian digosokkan kebagian badan yang sakit.

9. Ambil kulit batang sebesar ibu jari kemudian direbus dengan air secukupnya.Setelah dingin disaring dan diminum.

0 komentar:

Posting Komentar