Sabtu, 15 Januari 2011

Menjaga Kesehatan Jantung

Gangguan jantung bisa sangat mematikan , oleh karena itu pencegahan menjadi langkah paling bijak untuk menghindari kematian mendadak akibat serangan jantung.

Beberapa kebiasaan baik yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

1.Ketahui Angka-angka Vital

Sebelum ada masalah dengan jantung , ada baiknya untuk mengetahui angka-angka penting yang merupakan indikator kesehatan jantung diantaranya adalah tekanan darah , denyut nadi , kadar lemak , kolestrol dan trigliserida.

2.Berjalan Kaki

Kesibukan dan aktivitas yang selalu padat jangan dijadikan alasan untuk tidak pernah berolahraga . Sesekali tinggalkan kendaraan pribadi lalu berjalan kaki menuju halte terdekat untuk naik angkutan umum ke kantor , cukup dengan berjalan kaki selama 20-30 menit sehari , risiko kematian dini akibat serangan jantung bisa dikurangi hingga 50 persen.

3.Tertawa Sesering Mungkin

Kalaupun untuk sekedar berjalan kaki saja masih sulit untuk meluangkan waktu . Cobalah untuk sering tertawa . Bicara soal pembakaran kalori , tertawa terbahak-bahak selama 15 menit bisa disetarakan dengan aerobik selama 30 menit . Tertawa juga menekan pelepasan hormon stres kortisol , sehingga tekanan darah lebih terkendali.

4.Perhatikan Lingkar Pinggang

Kesalahan yang sering terjadi adalah orang terlalu mengkhawatirkan berat badan , padahal faktor risiko sindrom metabolik dan berbagai masalah jantung justru lebih banyak berhubungan dengan lingkar pinggang . Obesitas sentral atau perut buncit menandakan perlemakan hati yang menyebabkan kadar kolestrol sulit dikontrol.

5.Tidur yang Cukup

Begadang hingga larut malam tidak hanya membuat tubuh cepat merasa letih keesokan harinya . Kurang tidur juga bisa meningkatkan stres dan tekanan darah , sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung . Istirahat yang cukup merupakan syarat penting yang harus dipenuhi jika ingin berumur panjang.

0 komentar:

Posting Komentar