Kamis, 20 Januari 2011

Turun Berok ( Hernia )

Turun berok atau hernia merupakan kondisi yang tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan matinya usus.

Turun berok adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat yang tidak seharusnya . Intinya adalah usus melorot lewat lubang Locus Minoris , jika ada tekanan besar maka usus bisa keluar melalui lubang tersebut.Bila terus dibiarkan akan menimbulkan bahaya , karena usus yang melorot ini akan terperangkap atau terjepit hingga mati dan memberikan masalah yang besar.

Pada turun berok yang ringan , usus yang turun bisa masuk lagi ke perut jika dalam posisi tidur . Tapi kalau sudah parah ,usus tidak akan bisa masuk lagi ke perut . Sedangkan kalau usus sudah terjepit , maka usus tidak mendapat suplai darah yang akhirnya mati dan membusuk.

Tak hanya laki-laki yang suka mengangkat beban berat yang bisa terkena turun berok , perempuan dan anak-anak pun bisa mengalaminya , sedangkan turun berok yang banyak di alami olahragawan terutama pesepakbola disebut dengan sporthernia.

Turun berok akan menimbulkan tonjolan pada dinding perut , tonjolan akan semakin terlihat ketika otot-otot tersebut mengalami pengetatan sehingga meningkatkan tekanan dalam perut.

Setiap kegiatan yang meningkatkan tekanan di dalam perut bisa memperburuk kondisinya.

Berikut ciri-cirinya :

- Timbul nyeri didaerah perut bagian bawah , rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan didalam perut seperti saat batuk mengejan atau mengangkat beban berat.
- Muncul benjolan didaerah selangkangan atau daerah perut , benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkat.
- Pada beberapa kasus timbul benjolan tanpa disertai rasa sakit yang jika dibiarkan bisa membuat hernia masuk dalam skrotum.
-Terkadang muncul rasa sakit disertai dengan demam
-Jika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah.
-Timbul nyeri yang selalu hadir di ikuti dengan gejala gangguan pencernaan
-Jika benjolan turun beroknya masih kecil maka ada kemungkinan bisa pulih sendiri.
-Usahakan tidak selalu mengangkat beban berat dengan mengedan
-jika hernia semakin membesar maka cepat konsultasikan ke dokter perlu dilakukan operasi apa tidak.
-Operasi yang dilakukan akan membantu mengembalikan usus ke posisi yang benar.

0 komentar:

Posting Komentar