Minggu, 02 Januari 2011

Trik Diet

Ketahui trik agar diet berjalan dengan sukses , ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menurunkan berat badannya , mulai dari alasan kesehatan ,agar bentuk badannya proporsional , untuk menarik perhatian lawan jenis atau hanya mengikuti trend.

Hal utama yang harus dilakukan ketika anda mengurangi berat badan adalah mengetahui gaya makan yang benar , apakah terlalu banyak atau terlalu sering tanpa di imbangi gerak badan atau aktifitas yang bisa membakar kalori.

Terkadang kebiasaan makan dalam porsi besar , habis makan langsung diam saja , sering makan kalori tinggi-seperti makanan manis , lemak , goreng-gorengan yang sulit di kontrol dan memicu timbunan lemak di tubuh . Para pakar kesehatan tidak melarang makan enak asalkan setelah makan di imbangi aktifitas fisik.

Ada poin-poin penting yang harus di perhatikan saat ingin diet :
1.Temukan Penyebab Mengapa Makan Terlalu Banyak
Rata-rata orang makan dengan porsi banyak akibat di picu oleh stress , bosan , kesepian , marah , depresi dan emosi lain . Karena itu belajar untuk menghadapi emosi yang baik tanpa beralih pada makanan . Orang yang rajin olahraga tapi tidak bisa mengontrol emosi dengan baik tidak akan memberikan efek diet jangka panjang . Dengan mengontrol pola makan sekaligus menurunkan berat badannya.

2.Olahraga yang Konsisten penting untuk Menurunkan Berat Badan
Trik ini memang bukan hal yang baru , tapi olahraga yang rutin yang rutin sangat memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam menurunkan berat badannya.Temukan sesuatu yang anda sukai , sehingga anda akan lebih mudah untuk menjalaninya . Olahraga yang dilakukanpun tidak harus mahal bisa dengan berjalan kaki.
Olahraga yang paling bagus untuk menurunkan berat badan seperti jogging , lari , bersepeda . Waktu olahraga yang paling baik adalah saat pagi hari , karena bisa membangkitkan semangat dan membakar kalori lebih banyak , dilakukan selama 10 - 30 menit yang bisa dilakukan 3 - 5 kali dalam satu minggu.

3.Membuat Catatan Harian Makanan
Membuat catatan mengenai apa saja yang sudah di konsumsi dalam satu hari turut menyumbang keberhasilan . Catatan ini berisi apa saja yang di makan dan berapa porsinya , bagaimana tingkat rasa lapar yang di alami sebelum makan serta emosi apa yang ada saat itu , ini bisa menimbulkan kesadaran diri sehingga seseorang tetap fokus menjalani komitmen yang ada.
Catatan harian ini juga bisa menjadi panduan sudah berapa kalori yang masuk ke tubuh , sehingga bisa di prediksi makanan apa yang harus di hindari atau dikurangi , misalnya lemak , makanan yang manis atau karbohidratnya.

4.Deteksi Rasa Lapar dengan Air Hangat
Rasa lapar yang timbul terkadang bukan disebabkan oleh tubuh yang memerlukan nutrisi jika timbul rasa lapar , cobalah untuk mengonsumsi air putih hangat kalau setelah minum rasa laparnya hilang , maka anda tidak perlu makan tapi jika tetap merasa lapar itu berarti tubuh memang memerlukan tambahan nutrisi dari makanan . Dengan cara ini seseorang bisa mengurangi tingkat mengemil yang dapat meningkatkan berat badan.

5.Mengatur Pola Makan dengan Benar
Pola makan saat diet memang harus di jaga , tapi orang suka salah kaprah mengartikan pola makan untuk diet . Seseorang tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang , serat dan protein tetap harus di konsumsi , kurang makanan yang di goreng dan berlemak terutama daging merah tapi tetap boleh mengonsumsi telur . Sarapan sangat penting untuk menunjang aktifitas serta mencegah orang konsumsi cemilan dan usahakan tidak makan berat 1 - 2 jam sebelum tidur.
Kalori yang masuk ke dalam tubuh harus di jaga untuk bisa memberikan hasil yang baik , bagi orang yang berdiet sebaiknya pola makan mengandung 1000 kalori , 60 gram protein , 145 gram karbohidrat dan 21 gram lemak . Asupan ini termasuk dalam sarapan , makan siang , makan malam dan camilan.



http://www.sehatluarbiasa.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar