Rabu, 22 Desember 2010

Cara Mencegah Rematik



Osteoarthritis merupakan sejenis penyakit Rematik yang menyerang persendian terutama di daerah lutut , pinggul dan tulang belakang , risikonya meningkat seiring bertambahnya usia , meski banyak faktor lain yang mempengaruhi seperti berat badan dan pola makan .

Nyeri sendi pada osteoarthritis terjadi karena ada kegagalan fungsi pada sistem kekebalan tubuh , sistem tersebut justru menyerang membran synival yang melumasi sendi sehingga mudah mengalami radang.

Hingga kini tak banyak terapi yang benar-benar ampuh mengatasi
osteoarthritis selain operasi penggantian sendi.

Namun untuk mencegahnya banyak cara yang bisa dilakukan termasuk olahraga dan penerapan gaya hidup sehat . Diet atau pengaturan pola makan juga cukup efektif mencegah osteoarthritis saat memasuki usia lanjut.

Salah satu jenis makanan yang di sarankan adalah Bawang Putih .

Sebuah penelitian telah membuktikan perempuan yang banyak mengonsumsi Bawang Putih jarang terkena osteoarthritis.

Penelitian ini dilakukan oleh para ahli dari King College dan University Of East Angela di Inggris , dengan di danai Arthritis Research Britian , penelitian itu melibatkan 1000 perempuan yang belum pernah terkena osteoarthritis.

Pemeriksaan dengan sinar X menunjukkan perempuan yang banyak mengonsumsi Bawang Putih punya struktur Tulang dan persendian yang sehat , punya risiko lebih rendah untuk mengalami osteoarthritis di kemudian hari.

Penelitian juga mengungkapkan kandungan senyawa Dially Disulfida dalam Bawang Putih mampu mencegah kerusakan sendi , senyawa tersebut menghambat pelepasan enzim perusak Kartilago atau Tulang Rawan yang membungkus
persendian.


Dikutip dari : Health Day


http://www.sehatluarbiasa.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar