Selasa, 07 Desember 2010

Info kehamilan : Cara Menjaga Kesuburan Rahim anda

Semakin bertambah usia anda ,kesuburan anda pun menurun.
Penyebab utama ketidaksuburan pada wanita adalah gagalnya ovulasi,yaitu tidak diproduksinya sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi .
Wanita yang bertubuh kurus lebih beresiko mengalami kesulitan hamil dibandingkan wanita dengan berat badan normal.
Gaya hidup dan kondisi kota besar punya pengaruh terhadap kesehatan rahim anda .

Minuman Beralkohol
Sebuah studi di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa wanita yang biasa minum alkohol lebih dari enam gelas setiap harinya ,menunjukkan gejala infertilasi yang signifikan serta timbul masalah menstruasi, Alkohol mencegah penyerapan nutrisi yang lain,Satu gelas wine saja dapat mengganggu penyerapan zinc ,zat yang punya peran penting bagi kesuburan.

Merokok
Tembakau mengandung nikotin yang dapat menekan level hormon dan cadmium ( logam berat ),sehingga merusak fertilitas dan meracuni embrio .Wanita perokok umumnya sulit hamil dan beresiko mengalami kehamilan ektopik ( kehamilan diluar kandungan ),keguguran , serta siklus menstruasi yang tidak teratur.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein
dua gelas kopi yang anda minum sudah bisa menurunkan kesuburan,begitu juga minuman soda yang juga mengandung kafein.Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang hanya satu kaleng minuman cola mengalami penurunan fertilitas sebesar 50 persen.

Polusi Udara
disinyalir menjadi biang keladi terjadinya ketidakseimbangan hormon.Pada pria ketidakseimbangan hormon memicu jumlah sperma yang diProduksi menjadi sedikit.

Minum Obat-Obatan
jenis obat-obatan steroid seperti cortisone dan prednisone,jika digunakan dalam dosis,dapat mencegah terjadinya pembuahan dan mengurangi jumlah produksi sperma.Beberapa obat anti hipertensi juga dapat mempengaruhi pembuahan.


Makan - Makanan Sehat Dengan Nutrisi Seimbang
Selain memperhatikan gaya hidup,untuk menjaga kesuburan,anda juga perlu memperhatikan asupan makanan dan menerapkan diet sehat sejak sebelum hamil .Susunlah pola makan tiga kali sehari yang sudah termasuk lima porsi sayuran dan buah segar.
Makanan sumber vitamin c dan protein juga wajib dikonsumsi.Jangan lupa susu,keju dan yogurt sebagai sumber kalsium,selain itu sarapan pagi membantu menstbilkan gula darah anda.

Makanan Aphrodisiac
saat berencana hamil ,anda perlu memikirkan menu makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual anda dan pasangan .Salah satu yang dipercaya mujarab adalah tiram,mungkin efeknya tak sama pada setiap orang ,namun tiram mengandung zinc.

Hal-Hal Penting Lainnya
Beberapa hal yang dilakukan untuk melindungi kesuburan yaitu :
>Kurangi makanan yang mengandung lemak hewani seperti susu full cream ,keju dan daging sirloin yang banyak lemak.
>Hindari diet yang terlalu keras .Ubahlah pola makan anda secara bertahap.
>Cucilah setiap makanan sebelum dimasak untuk menghilangkan semua sisa pestisida dan bahan kimia lainnya.
>Hindari pembungkus makanan yang terbuat dari styrofoam atau plastik wrap,karena mengandung bahan kimi yang telah terbukti merusak sistem reproduksi pada tikus.
>Hindari polusi udara seperti jalan raya atau tempat hiburan malam yang penuh asap rokok.
>Miliki pola makan yang baik ,dari sekarang mulailah perhatikan asupan vitamin dan mineral ,perbaikan sayur dan buah serta makanan yang mengandung zat besi dan zinc.

0 komentar:

Posting Komentar