Senin, 27 Desember 2010

Khasiat Lengkuas



Lengkuas kaya akan zat kimia yang sudah diketahui mengandung Saponin , Tanin , Flavonoida dan Minyak Atsiri , terdapat pula kandungan aktif Basonin , Eugenol , Galangan dan Galangol.

Lengkuas biasanya digunakan untuk pengobatan adalah jenis Lengkuas Merah ( Alpina Purpurata K Schum ).Dalam Farmakologi China dan pengobatan tradisional lainnya dikatakan kalau Lengkuas Merah memiliki Sifat Anti Jamur dan Anti kembung .

Efek Farmakologi itu umumnya diperoleh dari rimpang yang mengandung Basorin , Eugenol , Galangan dan Galangol.

Lengkuas termasuk Famili Zingiberacceae , tanaman yang memiliki tinggi hingga tiga meter itu terbagi dalam dua jenis , yakni putih dan merah , tanaman ini memiliki akar tidak teratur .

Di lapisan luar terdapat kulit tipis berwarna coklat dan merah di bagian tangkai yang berbentuk Umbi , bagian dalam warna putih jika dikeringkan menjadi kehijau-hijauan ,tanaman itu memiliki bau seperti bumbu dan terasa pedas tajam seperti lidah tergigit.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari tanaman itu bagi kesehatan.

1.
Eksim

Parut satu jari Lengkuas , tambahkan Air Kapur Sirih secukupnya, aduk hingga menjadi Bubur , tempelkan pada kulit yang terkena Eksim dan balut , ganti dua kali sehari.

2.
Retmatik

-ambil dua rimpang Lengkuas sebesar ibu jari dan satu butir telu ayam kampung
-Ambil tiga rimpang Lengkuas sebesar ibu jari dan setengah sendok teh bubuk Merica , satu potong gula merah dan dua gelas air santan kelapa , rebus semua bahan itu hingga airnya tinggal satu gelas , setelah dingin , minum sedikit demi selama 1 minggu.

3. Sakit Limpa

Ambii dua rimpang Lengkuas sebesar ibu jari , tiga rimpang Umbi Temulawak sebesar ibu jari dan satu genggam daun meniran , semua bahan direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih , setelah dingin , minum dua kali sehari atau satu cangkir pada pagi dan sore hari.

4. Membangkitkan Nafsu Makan

Ambil satu Rimpang Lengkuas sebesar ibu jari , tiga buah Mengkudu mentah , setengah Rimpang Kencur sebesar ibu jari , setengah sendok teh bubuk Ketumbar , satu Siung Bawang Putih , tiga mata Buah Asam Jawa yang masak , satu potong Gula Merah , Jakeling , Jawale , dan Jarahab , semuanya itu di rebus di dalam dua gelas air dan biarkan sampai mendidih hingga tersisa satu gelas , setelah dingin , minum setengah gelas padg pagi dan sore hari.

0 komentar:

Posting Komentar