Selasa, 28 Desember 2010

Terapi Musik

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa Musik bisa meredakan Stress dan bahkan Rasa Nyeri , kini para peneliti ingin membuktikan seberapa besar manfaatnya dalam mempercepat masa pemulihan setelah operasi.

Penelitian dilakukan untuk membuktikan teori yang mengatakan bahwa Musik bisa meningkatkan toleransi terhadap rasa nyeri , selain itu Musik di yakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi kebutuhan akan konsumsi obat-obatan.

Tak kurang dari 120 pasien di Barts And The London NHS Trust di London akan di libatkan dalam penelitian ini , para partisipan akan di perdengarkan jenis Musik tertentu , sebelum dan sesudah menjalani tindakan medis berupa operasi pembedahan.

Penelitian yang di danai oleh The Public Engagement Foundation ini juga akan memonitor tingkat kegelisahan , tekanan darah serta denyut jantung pasien lalu membandingkannya dengan kelompok pasien yang tidak mendengarkan Musik , menurut teori , Musik akan membuat pasien lebih tenang sehingga rytme jantungnya lebih stabil.

Kelak jika teori tersebut terbukti Musik bisa di manfaatkan sebagai Terapi penunjang di Rumah Sakit .Diantaranya untuk ibu-ibu yang melahirkan serta pasien yang menjalani bedah ortopedi , termasuk penggantian sendi lutut dan tulang panggul.

Sebelumnya sebuah penelitian di Cleveland Clinic telah membuktikan bahwa mendengarkan Musik selama 1jam /hari bisa meredakan nyeri hingga 20 Persen pada penderita nyeri punggung , selain membuat otot menjadi Rileks , Musik juga menghambat pelepasan hormon Stress Kontrol.

Menurv penelitian tersebut , efeknya lebih optimal jika yang di perdengarkan adalah jenis musik kesukaan , namun dalam penelitian terbaru di London , para ahli menggunakan jenis Musik tertentu yang di buat secara khusus agar memberikan efek terapi maksimal.



Dikutip : Daily Express/Detik Health


http://www.sehatluarbiasa.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar